GTP6301 Pengembangan Sistem Informasi dan Manajemen Kependidikan

Mata Kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan pengelolaan koneksi dan setting, (Identitas sekolah, setting tahun ajaran, setting kurikulum, koneksi database, dan format tanggal), Pengelolaan Pembelajaran (Pengelolaan e-modul, e-LKPD, e-learning termasuk evaluasinya),  Pengelolaan Kesiswaan (Pengelolaan biodata masing-masing siswa, beasiswa, kasus kedisiplinan, data kesehatan, data periksa, prestasi, perpindahan (mutasi) siswa, sampai pengelolaan data alumni), Pengelolaan Akademik (Laporan nilai hasil ujian secara periodik, data nilai KTSP, data nilai KBK, data absensi, data bimbingan dan penyuluhan, data kasus siswa, rencana pengajaran, pengelolaan mata pelajaran, penjadwalan, dan prestasi akademik), Pengelolaan Guru dan Karyawan, (Manajemen biodata guru dan karyawan, data keluarga, riwayat pendidikan, pendidikan tambahan(kursus, training, seminar, workshop dsb), Pengelolaan Keuangan, (Manajemen pembayaran biaya pendidikan, administrasi dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah)dan penggunaannya, biaya tambahan, seperti : biaya praktikum, biaya ekstra, dll) Pengelolaan Perpustakaan, (Pengelolaan buku (judul, kategori & deskripsi), status keanggotaan dan peminjam, stock inventory, Jurnal keluar masuk buku, laporan-laporan terdiri dari : statistik peminjaman, statistik keluar masuk buku, rekap peminjaman, dan rekap pengembalian) dalam lingkup Sistem Informasi dan Manajemen Kependidikan.


GTP5104 Evaluasi dan Validasi Pembelajaran

Mata kuliah ini memuat teori-teori mengenai evaluasi; pengertian; perbedaan evaluasi, pengukuran, dan penilaian; bentuk dan jenis alat penilaian; perencanaan tes dan nontes; pengujian validitas dan reliabilitas tes, model-model penilaian program, penyusunan dan kaidah tes, analisis hasil tes dan nontes (skala likert), PAN dan PAP; serta penerapan/aplikasinya dalam kegiatan nyata.


GTP6302 Pengembangan Desain Media dan Sumber Belajar Digital

Mata kuliah ini membahas teori dan praktek dalam merancang media instruksional. Penerapan prinsip-prinsip belajar dan komunikasi dalam pengembangan bahan ajaran dan sumber belajar terutama di rana digital. Kecenderungan dalam pengembangan media untuk belajar meliputi modul, paket pengajaran terprogram, dan sebagainya. Pada mata kuliah ini dibahas secara komprehensif tentang konsep media dan sumber belajar, ragam dan klasifikasi media, Landasan teori penggunaan media dan sumber belajar, serta pendekatan resource-based learning. Mahasiswa diharapkan dapat menguasai aspek-aspek pengembangan media seperti pengertian atau batasan media tertentu, ragam, fungsi dan langkah-langkah pengembangannya, misalnya media cetak, media grafis, media tiga dimensi, media audio, media yang diproyeksikan, media video, multimedia, media berbasis jaringan. Pembahasan difokuskan pada pengembangan media dan sumber belajar, untuk itu dikaji konsep pengembangan dan beberapa model pengembangan produk seperti ADDIE, Rapid Prototyping, Dick & Carey dsb. Selain itu juga bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap positif inovatif untuk membuat/mengembangkan multimedia interaktif berbasis IT terkini dalam kajian Desain Media dan Sumber Belajar Digital.


GTP5105 Pendidikan Komparatif

Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab, dan seminar/diskusi serta studi banding langsung, mata kuliah ini mengkaji tentang sistem pendidikan di Negara asing dan membandingkannya dengan sistem pendidikan di Indonesia saat ini. Perbandingan itu bisa dilihat dari berbagai aspek seperti jenis, jenjang, jalur. Selain dari itu perbandingan bisa juga di lihat dari berbagai komponen pendidikan seperti: filsafat, tujuan, peserta didik, pendidik, tenaga administrasi, kurikulum, manajemen, sarana/prasarana, sistem evaluasi, lulusan, peran orang tua, peran pemerintah/politik, rekrutmen tenaga kependidikan, sertifikasi, kesejahteraan insan pendidik.

GTP5101 Landasan TP dan Implementasi dalam Pembelajaran

Mata kuliah ini terdiri dari dua bagian yang saling bersinergi. Dalam bagian belajar pembelajaran  mahasiswa mendapatkan pemahaman mengenai teori-teori belajar serta penerapannya dalam kegiatan pembelajaran yang inovatif. Kajian perkuliahan meliputi: 1) Ruang lingkup dan batasan teori deskriptif dan teori perspektif, 2) Teori-teori belajar yang meliputi: (a) Teori behavioristik, (b) Teori kognitif, (c) Teori konstruktivisme, (d) Teori belajar sosio-kultural (konstruktivistik), (e) Teori humanistik, (f) Teori pemrosesan informasi, (g) Teori kecerdasan ganda, dan heart Neuroscience, 3) Penerapan teori-teori belajar ke dalam praktek pembelajaran. Sedangkan di bagian Landasan Teknologi Pendidikan diajak untuk memahami dasar  serta untuk mengkaji pengertian dan perkembangan teknologi pendidikan sebagai suatu disiplin ilmu, bidang garapan dan profesi, yang diperlukan untuk mengatasi masalah belajar manusia dalam berbagai kondisi dan situasi. Pengertian teknologi pendidikan berkembang di suatu pihak sebagai akibat dari meningkatnya tuntutan terhadap pendidikan yang tidak dapat diselesaikan dengan cara-cara konvensional, dan pada pihak lain karena dampak perkembangan ilmu dan teknologi yang memberikan peluang atau alternative baru.  Pembahasan kuliah mencakup:   rasional tumbuh dan berkembangnya teknologi pendidikan, factor dan sumber yang mempengaruhi perkembangan teknologi pendidikan, kawasan dan bidang garapan teknologi pendidikan, berbagai bentuk dan prosedur penerapan Teknologi Pendidikan dalam pembangunan Pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, profesi Teknologi Pendidikan, serta kontribusi teknologi pendidikan dalam reformasi pendidikan

GTP5102 Orientasi Baru Perencanaan Pendidikan

Pada mata kuliah mahasiswa diarahkan untuk dapat memahami dan membantu dalam pemenuhan keperluan akan tenaga kerja, perluasan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu pendidikan, serta peningkatan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan. Orientasi Baru Perencanaan Pendidikan membahas tentang inovasi dan konteks kekinian dalam konsep dasar perencanaan pendidikan, sejarah perkembangan perencanaan pendidikan, jenis dan jenjang perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, peran dan fungsi perencanaan pendidikan, pendekatan perencanaan pendidikan, aspek-aspek dalam perencanaan pendidikan, perencanaan strategis dalam pendidikan, Evaluasi perencanaan, akuntabilitas control dalam perencanaan pendidikan, analisis posisi sistem pendidikan, praktik pembuatan renstra di semua tingkat Pendidikan


GIP5101 Filsafat Ilmu

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar keilmuan yang memberikan pemahaman  kepada mahasiswa tentang filsafat ilmu. Mata kuliah ini membahas topik-topik filsafat dan pemikiran filsafat, filsafat ilmu yang meliputi ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Di samping itu dibahas pula sarana pengembangan ilmu serta hubungan antara ilmu, moral serta agama, juga hubungan antara perkembangan ilmu dan perkembangan kebudayaan, serta penerapan metode ilmiah dalam kegiatan penelitian ilmiah; juga filsafat (ilmu) pendidikan sebagai salah satu cabang filsafat ilmu.


GTP5103 Visualisasi dan Estetika Desain Pembelajaran

Dalam Mata kuliah ini mahasiswa mempelajari bagaimana kreatifitas dan inovasi pesan dan ide yang dipresentasikan dalam bentuk media dan bahan ajar yang divisualisasi dalam bentuk produk pembelajaran yang memenuhi kriteria estetika dan seni, dengan memadukan unsur-unsur estetika seni multimedia dan unsur pedagogik. Dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik, pendekatan, strategi, metode pembelajaran dan teknologi terkini.